Pelatihan Kader Posyandu Suku Anak Dalam (SAD) Lubuk Kayu Aro

p3km stikes-hi pengabmas SAD lubuk kayu aro

Dalam rangka implementasi dana hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) pendanaan 2019, tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) STIKES Harapan Ibu Jambi mengadakan pelatihan kader posyandu kepada calon kader Suku Anak Dalam (SAD) Lubuk Kayu Aro. Pelatihan kader ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan SAD selama 8 bulan. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menghasilkan kader kesehatan yang mampu membantu dalam pelaksanaan kegiatan posyandu.
Program ini diketuai oleh Susi Widiawati, dengan anggota Lili Andriani dan Yuliawati dan dilaksanakan di SAD Lubuk Kayu Aro, Desa Pelempang, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi. Berdasarkan survey pada komunitas masyarakat SAD, masih minimnya sarana kesehatan karena keadaan geografis daerah yang jauh dari puskesmas induk dan puskesmas pembantu.
Pelatihan kader dimulai dengan seleksi masyarakat yang memenuhi kualifikasi. Pelatihan ini dilaksanakan sebanyak sebelas kali pertemuan. Materi yang diberikan pada pertemuan-pertemuan tersebut meliputi penjelasan mengenai pengenalan posyandu dan fasilitas posyandu. Selain itu, dilakukan praktik meja satu sampai lima yang terdiri dari cara mengumpulkan massa,  pendaftaran, penimbangan, pencatatan hasil penimbangan kedalam buku kartu menuju sehat, penyuluhan dan pelayanan kesehatan.
Pertemuan dengan Tokoh Masyarakat SAD
p3km stikes-hi pengabmas SAD lubuk kayu aro
Pengenalan Posyandu
p3km stikes-hi pengabmas SAD lubuk kayu aro
Pengenalan Tugas Kader Posyandu
p3km stikes-hi pengabmas SAD lubuk kayu aro
Praktik Kader Meja 1 dan 2
p3km stikes-hi pengabmas SAD lubuk kayu aro
Praktik Kader saat Meja 3 dan 4

Doc. p3km stikes-hi
lokasi : Lubuk Kayu Aro (Muaro Jambi)