Mahasiswa Farmasi STIKES Harapan Ibu Jambi Mengikuti Ajang Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian yang didanai oleh Ristekdikti

Resin Jernang Sang Penyembuh Luka
Oleh: Asri Yuniarti Wibowo, Dzalika Tanzila, dan Irna Dilla
penelitian mahasiswa stikes-hi - manfaat resin jernang sebagai penyembuh luka

Warga Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi telah terbiasa menggunakan getah (resin, red) tanaman jernang sebagai obat luka. Untuk diketahui tanaman jernang adalah salah satu dari sekian banyak jenis tanaman rotan yang banyak di jumpai di hutan-hutan di pulau Sumatera.
Resin jernang tersebut di teliti mulai dari kandungan zat aktif yang dapat memberikan manfaat sebagai obat, hinnga dilakukan penelitian kemampuan resin jernang tersebut terhadap penyembuhan luka. Luka yang diderita biasanya akan mudah terinfeksi oleh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, sehingga luka akan sulit untuk disembuhkan.
Mahasiswa STIKES Harapan Ibu Jambi sejak beberapa waktu lalu juga telah melakukan pengujian yang menyatakan adanya kandungan Flavonoid dan Terpenoid yang terkandung dalam resin jernang tersebut. Senyawa Fitokimia tersebutlah yang mampu berperan sebagai anti bakteri dan anti inflamasi, berdasarkan kandungan zat tersebut maka resin jernang dapat mengatasi permasalahan pada luka.
Usai penelitian, selanjutnya dilakukan pengujian kemampuan resin jernang tersebut sebagai anti bakteri. Pseudomonas aeruginosa merupakan salah satu bakteri yang dapat menginfeksi luka yang telah resistem terhadap berbagai macam obat sintesis. Hasil pengujian menunjukkan kemampuan resin jernang tersebut dapat menghambar perkembang biakkan bakteri Pseudomonas aureginosa tersebut. Dengan demikian resin jernang akan dapat mengobati infeksi yang terjadi ketika mengalami luka.
Selanjutnya akan dilakukan penelitian terhadap kemampuan mempercepat penutupan luka dari resin jernang yang telah dibuat dalam suatu formula yang inovatif yaitu patch transdemal. Produk baru tersebut akan memudahkan  pemakaian resin ekstrak jernang sebagai obat luka.

Penulis adalah Mahasiswa Farmasi STIKES Harapan Ibu Jambi yang mengikuti ajang program kreativitas mahasiswa penelitian yang didanai oleh Ristekdikti dan dibimbing oleh Desi Sagita M.Si., Apt dengan melakukan penelitian dengan judul Patch Ekstrak Jernang (Daemonorops Draco Bl) SAD Jambi untuk pengobatan luka diabetes.
penelitian resin jernang oleh mahasiswa stikes harapan ibu jambi

Sumber Koran Metro Jambi Terbit: Kamis, 20 Juni 2019